Selasa, 07 Mei 2024

INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELURAHAN PANJATAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KEBUMEN

Penilaian Desa/Kelurahan Siaga

Penilaian Desa/Kelurahan Siaga

Kelurahan Panjatan Kecamatan Karanganyar mendapat kunjungan tim penilai Lomba Desa Siaga yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kebumen. Tim penilai sendiri berasal dari lintas program, Lintas sektoral dan juga lintas OPD.
Penilaian berlangsung Senin 27 September 2021. Hadir Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kebumen Rikhamto, Lurah Panjatan Juniadi Prasetyo serta pihak terkait.
Lurah Panjatan menjelaskan, sebelumnya pihaknya juga telah mengikuti penilaian administrasi melalui pengisian kuisioner untuk mengukur kemampuan Forum Kesehatan Desa/Kelurahan (FKD/FKK). Selanjutnya Tim Penilai mengumumkan bahwa Kelurahan Panjatan lolos dan menempati posisi 6 besar se-Kabupaten Kebumen.
‘’ Atas nama Kelurahan kami ucapkan terima kasih kepada Tim Penilai dari Kabupaten dan berharap Tim Penilai dapat memberikan penilaian sesuai dengan apa yang sudah ditampilkan dan disajikan, baik itu administrasi dan lain-lainnya.’’ucap Juniadi.
Juniadi menambahkan sebelumnya Kelurahan Panjatan juga mengikuti lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dari Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen (Distapang). Untuk itu pihaknya berharap bisa memenangkan dalam perlombaan tersebut.
” Harapannya Kelurahan Panjatan ini bisa menjadi pemenang, dan menjadi percontohan desa desa di Kebumen,” Ujarnya.
Sementara itu, Rikhamto menjelaskan dari 460 Desa dan Kelurahan, terpilih 6 Desa yang mengikuti Lomba Desa Siaga. Salah satunya Kelurahan Panjatan. Untuk penilaian sendiri nantinya akan berlangsung selama 3 hari yang dimulai pada tanggal 27 hingga 29 September 2021.
‘’ Harapannya, desa yang terpilih dalam lomba desa siaga bisa menjadi percontohan dan rujukan, karena desa siaga ini sangat penting dalam faktor faktor yang mendukung kesehatan masyarakat.’’katanya.
Selain Panjatan, desa lain yang terpilih yaitu Desa Kalibeji Kecamatan Sempor, Desa Grujugan Kecamatan Petanahan, Desa Ambalkumolo Kecamatan Buluspesantren, Desa Gondanglegi Kecamatan Ambal dan Kelurahan Kebumen Kecamatan Kebumen.
” Dari 460 desa kita mintakan isian kuisioner dan dilakukan penilaian dan terpilih 6 besar, ini yang kedua sebelumnya pagi tadi verifikasi dilakukan di desa Kalibeji dan siang ini di kelurahan Panjatan,”imbuh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Itu.
Kasi Promosi Kesehatan Dinkes Kebumen Ahmad Muhidin mengatakan lomba ini juga sekaligus untuk pembinaan terhadap para kader Forum Kesehatan Desa/Kelurahan. Menurutnya, di masa pandemi seperti sekarang ini lomba ini sangat penting untuk pemberdayaan masyarakat. Dimana konsep desa siaga ini salah satunya adalah menumbuhkan semangat gotong royong dan surfilance

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter