Awal mula SID

Administrator, 31 Maret 2013 19:31:04 WIB

Awal mula SID
"Awalnya ada keinginan dari pemerintah Desa Balerante yang berharap pelayanan pemerintah desa bisa seperti pengunjung rumah sakit yang ingin mencari data pasien rawat inap, tinggal ketik nama di komputer, maka data tersebut akan keluar"
(Mart Widarto, pengelola Program Lumbung Komunitas)
Program ini mulai dibuat dari awal 2006:
1. (2006) komunitas melakukan komunikasi dan diskusi lepas tentang sebuah sistem yang bisa digunakan untuk menyimpan data.
2. (2008) Rangkaian FDG dengan pemerintah desa membahas tentang tata kelola pendokumentasian di desa
3. (2009) Ujicoba SID yang sudah dikembangkan di balerante
4. (2009-2010) Membangun SID (aplikasi) dibeberapa desa yang lain: terong (bantul), Nglegi (Gunungkidul)
5. (2011) Kandangan (Temanggung) Gilangharjo (bantul) Girikarto (gunungkidul) Talun (klaten) Pager Gunung (magelang)
6. hingga saat ini 2013 sudah banyak desa pengguna SID.

SID sebagai tanggapan atas kebutuhan:
Kalau dulu untuk mencari data penduduk menurut kelompok umur saja kesulitan karena tidak mempunyai databasenya. Dengan adanya SID menjadi lebih mudah.
(Nuryanto, Kabag Pelayanan Pemdes Terong)

Membangun sebuah sistem bukan hanya membuatkan software dan meninggalkan begitu saja, namun ada upaya untuk memadukan sistem dengan kebutuhan yang ada pada desa. sehingga software dapat memenuhi kebutuhan yang telah ada bukan memaksakan desa untuk mengikuti dan berpindah sistem. inilah yang melatari combine melaksanakan alur pengaplikasian software.
1. Bentuk tim kerja bersama pemerintah desa
2. Diskusikan basis data apa saja yang diperlukan untuk warga
3. Himpun data kependudukan warga dari Kartu Keluarga (KK)
4. Daftarkan proyek SID dan dapatkan aplikasi softwarenya di http://abcd.lumbungkomunitas.net
5. Install aplikasi software SID di komputer desa
6. Entry data penduduk ke SID
7. Basis data kependudukan sudah bisa dimanfaatkan
8. Diskusikan rencana pengembangan SID sesuai kebutuhan desa
9. Sebarluaskan informasi desa melalui beragam media untuk warga

Pemberdayaan data desa yang dibangun diharapkan dapat menjunjung kesejahteraan masyarakat desa, data-data tersebut dapat diperuntukkan untuk riset lebih lanjut tentang kemiskinan, tanggap bencana, sumberdaya desa yang bisa diekspose keluar dan dengan menghubungkan dari desa ke desa dapat mencontohkan banyak hal dalam keberhasilan pemberdayaannya.
(sumber: Buku Sistem Informasi Desa)

Artikel Terkini

  • Maklumat Pelayanan

    19 Juli 2018 10:02:33 WIB Administrator
    Maklumat Pelayanan
    Maklumat Pelayanan Kelurahan Panjatan... ..selengkapnya

  • Indeks Kepuasan Masyarakat

    19 Juli 2018 10:01:15 WIB Administrator
    Indeks Kepuasan Masyarakat
    Indeks Kepuasan Masyarakat Th. 2017... ..selengkapnya

  • Standar Pelayanan Publik

    11 Juli 2018 11:51:12 WIB Administrator
    Standar Pelayanan Publik
    Surat Keputusan Lurah Panjatan Tentang Standar Pelayanan Publik   KEPUTUSAN LURAH PANJATAN NOMOR : 060/07 TAHUN 2018   TENTANG   PENETAPAN STANDAR PELAYANAN PADA KELURAHAN PANJATAN... ..selengkapnya

  • VISI MISI dan MOTTO PELAYANAN KELURAHAN PANJATAN

    11 Juli 2018 10:23:44 WIB Administrator
    VISI MISI dan MOTTO PELAYANAN KELURAHAN PANJATAN
    VISI PELAYANAN KELURAHAN PANJATAN " Mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dengan kratif dan inovatif untuk kesejahteraan masyarakat"   MISI PELAYANAN KELURAHAN PANJATAN Pelayanan Publik yang berkualitas Kreatif Inovatif ]Kesejahteraan Masyarakat MOTTO PELAYANAN DI KELURAHAN PANJATAN Me... ..selengkapnya

  • Pelatihan SID tahun 2017

    08 Agustus 2017 10:32:43 WIB Administrator
    Pelatihan SID tahun 2017
    Pelatihan SID tahun 2017 di Aula Dispermades dan P3A Kabupaen Kebumen yang diikuti pada hari selasa tgl 8 agustus 2017 diikuti oleh desa kelurahan se;kabupaten Kebumen sesuai jadwal......... ..selengkapnya

  • Pelatihan SID tahun 2017

    08 Agustus 2017 10:32:41 WIB Administrator
    Pelatihan SID tahun 2017
    Pelatihan SID tahun 2017 di Aula Dispermades dan P3A Kabupaen Kebumen yang diikuti pada hari selasa tgl 8 agustus 2017 diikuti oleh desa kelurahan se;kabupaten Kebumen sesuai jadwal......... ..selengkapnya

  • STRUKTUR ORGANISASI KELURAHAN BUMIREJO

    26 Oktober 2016 20:10:22 WIB Administrator
    MULUD, S.IP   WAHONO YULI SASONGKO 19690605 199103 1 012 19650728 198603 1 007             MUJIONO, SAP DYAH KUNCOROWATI   19720217 199402 1 003 19630619 198603 2 007             KHOLILUDIN, S.Sos   TRI HARYAN... ..selengkapnya

  • Layanan Bidang Pendaftaran Penduduk

    11 Juni 2015 10:28:26 WIB
    Layanan Bidang Pendaftaran Penduduk
    PEMBUATAN KTP Kartu Tanda Penduduk adalah identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang terbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh Indonesia. KTP merupakan alat bukti sah yang menjadi dasar dalam layanan masyarakat. Syarat-syarat pembuatan KTP A. WNI a. Surat Pengantar dari Desa/Ke... ..selengkapnya

Layanan Mandiri & Info


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Komentar Terkini

Lokasi Kantor DesaKELURAHAN PANJATAN

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung